Monday, July 1, 2013

IPTEK : Siapakah Yang Menciptakan Bola Lampu?

Siapakah Yang Menciptakan Bola Lampu? - Ternyata yang menciptakan bola lampu bukan Thomas Alpha Edison. Bola lampu ternyata telah dipergunakan 50 tahun sebelum Edison mengajukan hak patent pada tahun 1879. Dan sebagai informasi tambahan, penemu Inggris yang bernama Joseph Swan telah mendapatkan paten bola lampu ditahun sebelumnya.

Edison terus melanjutkan langkahnya untuk mendapatkan banyak keuntungan dari hak paten bola lampu, namun Swan akhirnya melakukan penuntutan Edison dengan dalih pelanggaran hak cipta dan Swan memenangkannya. Sebagai bagian dari perjanjian, Edison dipaksa untuk menerima Swan sebagai partner yang pada akhirnya menjadi cikal bakal berdirinya General Electric.

Pada tahun 1883, badan hak paten Amerika memutuskan bila hak paten Edison untuk bola lampu kemungkinan berdasarkan paten William Sawyer dan dikatakan invalid. Bukan berarti Edison mencuri ide itu, tapi dikatakan banyak contoh bagaimana banyak orang memikirkan konsep yang sama dan pada waktu yang hampir sama pula.

Thomas Alva Edison (1847-1931) tentu bukan seorang pemalas. Beliau telah mempatenkan 1093 hak cipta, termasuk salah satunya kamera film. Ketika dia meninggal, dia memegang 34 paten telepon, 141 baterai, 150 macam telegraph, dan 389 paten untuk lampu dan tenaga listrik. Tidak seperti Leonardo da Vinci yang tidak pernah menciptakan apa yang dia disain, Edison bukan hanya seorang teoritikus yang hebat. Dia membuat peribahasa: "Jenius itu 1 % inspirasi dan 99% keringat.". Dia juga mengatakan, "Tiada aturan disini. Kita hanya mencoba menyelesaikan pekerjaan".

sumber : www.ldii.or.id

No comments:

Post a Comment