Sunday, June 9, 2013

IPTEK - Membuat Dokumen PDF

Membuat Dokumen PDF - Saat ini komputer telah menjadi kebutuhan primer hampir sebagian orang kantoran bahkan mungkin sudah kepelosok desa. Dengan banyaknya berbagai macam jenis komputer berikut dengan system operasi di dalamnya, kadang orang kesulitan untuk berbagi dokumen. Banyak cara agar orang mengirimkan format dokumen ke format yang biasa di buka oleh orang lain, contohnya dalam format gambar, jpeg, tiff dan lain sebagainya. Tapi ada satu format lagi yang dipakai oleh sebagian besar pemakai komputer, yaitu Portable Document Format atau PDF.

PDF biasa dibuka oleh software gratisan yaitu Adobe Reader. Tapi untuk merubah dokumen kita menjadi format PDF, Adobe tidak mengeluarkan versi gratisan. Beruntunglah ada software yang sangat bagus yang bisa melakukan hal ini. Yaitu PDFCreator.

PDFCreator dibuat dalam lisensi GPL dimana kita bisa merubah source code dari program tersebut. Untuk mengunduhnya, anda bisa berselancar ke: http://sourceforge.net/projects/pdfcreator/ , di halaman tersebut akan anda lihat tombol download.
Untuk menginstallnya sangat mudah, yaitu cukup dengan mendouble click file yang telah anda download dan mengikuti step-step yang ada.

Nah bagaimana cara memakainya seandainya software ini telah terinstall? Cukup mudah, yaitu:
1. Buka dokumen yang akan anda konversi ke bentuk PDF
2. Pilih print, kemudian untuk pilihan printer pilihlah PDFCreator
3. Ketika anda click Print, anda akan dibawa ke sebuah tampilan
4. Tulis Document Title dengan judul dokumen anda, dan silahkan isi opsi yang lain seperlunya.
5. Click Save dan arahkan dimana dokumen PDF anda akan di simpan.
Cukup mudah bukan? Dari pengalaman penulis selama memakai software ini, hasilnya sangat memuaskan untuk software dengan lisensi GPL. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment